UKM Tunas Bangsa Banjarnegara

UKM Jurnalistik Wadah Kreasi Baru Bagi Mahasiswa

Berita Informasi

Ukm Jurnalistik Wadah Kreasi Baru Bagi Mahasiswa

UKM Jurnalistik Tunas Bangsa merupakan UKM yang bergerak dibidang media massa ( dalam bentuk majalah, bulletin, mading, maupun media online) yang benar-benar dikelola mahasiswa sendiri. Seluruh proses yang dikerjakan di dapur redaksi UKM Jurnalistik mulai mencari berita (informasi), penulisan, penyuntingan, layouter, pracetak dan distribusi dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan. Dengan berdirinya UKM Jurnalistik ini, maka mahasiswa dan masyarakat yang peduli terhadap kampus akan menadapatkan informasi yang diberitakan oleh media yang diterbitkan oleh UKM ini.

Berbicara mengenai fungsi UKM jurnalistik atau biasa dikenal dengan nama pers kampus / pers mahasiwa di dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 33 dapat disimpulkan bahwa fungsi dan peranan pers antara lain :

1.Sebagai wahana komunikasi massa.

Pers mahasiswa merupakan wahana komunikasi antara mahasiswa dan pihak kampus ataupun pihak – pihak yang berkepentingan lainnya.

2.Sebagai penyebar informasi.

Pers mahasiswa juga berfungsi sebagai media informasi dari pihak kampus ke mahasiswa ataupun sebagai media penyalur aspirasi mahasiswa ke pihak kampus, karena bagaimanapun juga mahasiswa merasa turut serta dalam pembangunan kampus tersebut.

3.Sebagai pembentuk opini.

Berita, tulisan, dan pendapat yang dituangkan melalui pers dapat menciptakan opini kepada masyarakat luas. Opini terbentuk melalui berita yang disebarkan lewat pers

4.Sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol serta sebagai lembaga ekonomi.

Selain berisi berita – berita “berat”, lembaga pers juga dapat berperan sebagai media mengekspresikan seni mahasiswa, selain itu dapat pula berfungsi sebagai media transfer ilmu pengeahuan, sebagai alat kontrol terhadap kebijakan – kebijakan kampus atau organisasi kemahasiswaan dsbnya. Tidak dipungkiri, lembaga pers juga bisa berperan dan berpeluang mejadi lembaga ekonomi, melalui penawaran promosi produk atau sebagainya, yang akhirnya dapat menjadi media atau wadah belajar berwirausaha seperti yang banyak digembor – gemborkan masyarakat sebagai solusi atas kondisi ekonomi bangsa saat ini.

Dari beberapa media yang diterbitkan oleh UKM Jurnalistik baik berupa; majalah, bulletin, mading, maupun media online inilah diharapkan akan memunculkan ide-ide brilian mahasiswa, warga kampus dan masyarakat lainnya yang berupa kritik, argumentasi, maupun solusi terhadap pelbagai masalah yang timbul baik dari intern kampus maupun ekstern kampus (masyarakat). Mulai persoalan agama, politik, ekonomi, sosial budaya, hukum, pendidikan dan lain-lain. Dengan begitu segala macam dinamika kampus dan masyarakat akan selalu dapat dipublikasikan. Sehingga harapannya UKM Jurnalistik benar-benar bisa menjadi media informasi sekaligus wadah kreasi bagi mahasiswa khususnya di kampus Tunas Bangsa Banjarnegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *