STIT Tunas Bangsa Menghadiri Bimtek Penyususnan Borang Akrditasi 9 Kriteria

Berita

STIT Tunas Bangsa Menghadiri Bimtek Penyususnan Borang Akrditasi 9 Kriteria

STIT Tunas Bangsa (STIT TB) Banjarnegara mengikuti acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Borang (Portofolio) Akreditasi dengan 9 Kriteria. Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Dian Slawi, Senin (2/9/2019) yang diakadakan oleh Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FKPTKIS) Jawa Tengah bekerjasama dengan Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal.

Acara tersebut dihadiri oleh 27 PTKIS Wilayah X Jawa Tengah dengan dibuka langsung oleh Rektor IBN Tegal Mulyo Badrodin, dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa kegiatan, akreditasi perguruan tinggi dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap masyarakat oleh perguruan tinggi, dan Bimtek ini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

Berkenaan dengan hal tersebut, perguruan tinggi harus meningkatkan mutu dalam 9 kriteria yang ditetapkan dalam APT 3.0, yaitu: visi, misi, tujuan dan strategi; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa, sumber daya manusia (SDM); keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, luaran dan capaian Tridharma.

Dalam bimtek ini hadir beberapa narasumber, di antaranya Prof Akhmad Fauzi, Phd. (Dewan Eksekutif BAN-PT) dan DR Abdul Muhaya (UIN Walisongo Semarang) Adapun Ketua Forum Komunikasi PTKIS Jateng, Ahmad Mufrod menjelaskan, tujuan bimtek agar intitusi perguruan tinggi mengetahui syarat dan prosedur serta memahami pembuatan dokumen/pengisian instrumen akreditasi institusi (portofolio). ”Para pimpinan perguruan tinggi swasta untuk segera melakukan pembenahan manajemen perguruan tinggi, memenuhi standar nasional pendidikan, dan menetapkan standar mutu perguruan tinggi yang bersangkutan,”jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *