minggu

MINGGU TENANG DATANG, MARI LAKUKAN HAL YANG POSITIF

Berita Gallery Informasi

Kuliah, selain bebas dari seragam dan aturan tidak boleh gondrong, salah satu ciri khas enaknya dunia perkuliahan adalah adanya minggu tenang sebelum ujian akhir semester (UAS). Minggu tenang merupakan agenda re-sent perkuliahan dari kampus menjelang ujian. Agenda ini merupakan waktu dimana dihilangkannya kegiatan perkuliahan menjelang UAS umumnya selama satu minguu. Libur dimaksudkan agar mahasiswa dapat mempersiapkan ujian dengan re-sent sejenak dari aktivitas kampus.

Umumnya Minggu tenang di gunakan mahasiwa untuk berlibur sejenak atau mengganti kuliah tambahan bagi dosen yang super sibuk dan jarang bisa hadir. Berbeda dengan SMA jika guru tidak masuk maka peseta didik senang tetapi di dunia kampus dosen tidak masuk mahasiswa yang susah karena mesti mengganti kuliah tambahan di lain hari.

Meskipun namanya minggu tenang, sebenarnya kalian gak boleh tenang-tenang aja sebelum ujian. Banyak hal yang bisa kalian lakukan saat minggu tenang, misalnya saja:

1.BELAJAR

Jujur, Selama saya menjadi mahasiwa saya jarang sekali belajar apalagi saat minggu tenang. Kegiatan ini dapat kalian lakukan jika kalian pengejar IPK 4.00. Salah satu manfaat belajar saat minggu tenang adalah agar lebih mudah saat belajar sebelum jadwal UAS dan mengurangi kebiasan mahasiswa belajar dengan sistem kebut semalam karena biasanya di perkuliahan itu materinya banyak dan soal ujiannya essai, bukan pilihan ganda

2.SILATURAHMI

Di dunia perkuliahan tanpa di sadari banyak yang akan merasa semua orang itu individualis, jika tidak maka sebagian masih merasa masuk dalam gank nero tertentu. Apa lagi saat ujian, temen-temen bener-bener ngerasa sendiri tanpa ada orang yang bakal menolong. Beda saat SMA di mana saat ujian, biar tidak belajar pasti masih ada aja teman yang melempar kunci jawaban. Untuk menghilangkan sifat individualis itu kita harus perbanyak silaturahmi. Tujuannya adalah untuk membangun tali persaudaraan agar memiliki rasa senasib sepenanggunggan hingga dapat saling membantu saat UAS nanti. Meskipun kebanykan UAS materinya open book tapi tetap saja silatuahmi adalaha anjuran agama.

3.FOTO COPY MATERI

Saat kuliah, apa lagi kalian sering bolos dan telat, kegiatan ini pasti kalian lakukan demi memuluskan langkah saat mengerjakan soal UAS. Dengan cara memfoto copy materi atau catatan punya teman, kalian bisa mengejar ketertinggalan materi sehingga dapat mempelajarinya.

4.REFRESHING

Bagi kebanyakan mahasiswa minggu tenang adalah saatnya refreshing. Hanya di 2 hari terakhir minggu tenang barulah mahasiswa mulai berfikir serius tentang UAS. Saat minggu tenang bukan berarti harus diisi dengan terus menerus belajar tetai dengan sesekali diisi kegiatan yang useless misal main game, marathon nonton film, atau kegiatan yang bermanfaat. Apa aja yang kalian lakukan yang penting otak dan pikiran fresh, setelah hampir 4 bulan berjubel materi kuliah.

5.NUGAS

Selain minggu tenang bisa dipakai untuk jadwal kuliah tambahan/pengganti, minggu tenang juga bisa di pakai untuk mengerjakan tugas, baik yang belum selesai, tugas tambahan pengganti, atau Uas yang di ganti tugas.

 

APAPUN KEGIATANYA SILAKAN DIISI DENGAN KEGIATAN POSITIF YA GUYS….

___________ (-^-) ____________

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *