Kunjungan Observasi di Radio Suara Banjarnegara dan POP FM Banjarnegara

Berita

Kunjungan Observasi di Radio Suara Banjarnegara dan POP FM Banjargara

Sebanyak 29 Mahasiswa Semester 5, program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Tunas Bangsa Banjarnegara, melakukan kuliah lapangan di Radio Suara Banjarnegara dan POP FM Banjarnegara pada hari Senin 1 Oktober 2019. Kegiatan yang di gagas oleh dosen Pengampu Mata Kuliah Tekonologi Pendidikan Bapak Nanang Gesang Wahudi, M.Pd ini bertujuan untuk untuk menambah kompetensi mahasiswa tentang kemampuan menganilis konten pendidikan di radio dengan cara terjun melihat langsung di lapangan ungkap Dosen pengampu mata Kuliah tersebut.

Radio Suara Bajarnegara dan POP FM Banjarnegara dipilih karena kedua radio tersebut merupakan radio di Banjarnegara yang masih eksis hingga saat ini. Acara kunjungan observasi berlangsung dinamis dan dipandu oleh masing-masing petugas dari tiap-tiap radio yaitu kak Bimo dari POP FM Banjarnegara dan Kak Dino dari suara Banjarnegara.

Suara Banjarnegara

Setelah selesai dengan pemaparan dan tanya jawab yang berlangsung dengan atraktif, maka selanjutnya mahasiswa diajak berkeliling melihat secara langsung proses produksi dan salah satau kelompok di ajak untuk melakukan siaran langsung.

Umi Rosyidah, sebagai peserta kunjungan memaparkan, “kunjungan ini sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran dan dalam mengetahui konten pendidikan yang disiarkan setiap minggu apa saja misalkan konten pendidikan untuk anak tk biasanya dengan cara dongeng yang edukatif, kita juga bisa tahu tahu alat radio mengetahui konten pendidikan, cara menyiarkan ada langsung ada yang enggak”, papar mahasiswa MPI Semester 5 tersebut.

Nanang Gesang Wahyudi, M.Pd menambahkan “Kunjungan ini diharapkan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana kerja di media, harapannya mahasiswa memahami konten pendidikan yang ada di media radio dan mampu melihat langsung masalah-masalah yang di lapangan, obeservasi juga menambah pengetahuan, sehingga tidak hanya klasikal di kelas, tapi juga praktek secara langusung di lapangan,” ungkapnya

Di akhir kunjungan, Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam memberikan cinderamata kepada masing-masing radio sebagai bentuk ucapan terima kasih telah diberikan kesempatan mengunjungi radio suara banjarnegara dan POP FM Banjarnegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *