UTS

Kamu Mahasiswa Baru? Baca Tips Menghadapi UTS atau UAS

Berita Informasi

Kamu Mahasiswa Baru? Baca Tips Menghadapi UTS atau UAS 

Salah satu momen yang paling mendebarkan dalam hidup seorang mahasiswa adalah hadirnya momen-momen khusus di mana kamu harus duduk diam dan berkonsentrasi untuk menjawab soal-soal yang diberikan oleh dosen. Momen seperti ini biasanya hadir setidaknya dua kali dalam satu semester, yakni ketika Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) tiba.

Nah, untuk kalian yang baru saja menyandang status sebagai mahasiswa maka perlu kamu ketahui bahwa UTS ini biasanya diadakan pada pertengahan semester dan UAS biasanya dilaksanakan pada penghujung semester.
Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semsester (UAS) ternyata juga sangat mempengaruhi Indeks Prestasi kamu nantinya . Oleh karena itu tentu saja kamu harus menyiapkan diri sebaik mungkin agar nantinya kamu pun bisa lancar mengisi soal-soal Ujian  yang diberikan oleh dosen.
Ada banyak sekali mahasiswa lama maupun mahasiswa baru yang terserang gejala panik parah ketika akan menghadapi momen Ujian Tengah. Hal ini dikarenakan ketakutan yang mereka miliki karena takut tidak bisa mengerjakan soal-soal Ujian dengan baik dan benar.
Momen Ujian sebenarnya bisa kamu manfaatkan pula untuk melihat kemampuan kamu dalam menyerap materi-materi ilmu pengetahuan yang telah diberikan Bapak serta Ibu dosen di dalam kelas.
Agar kalian dapat menjalankan Ujian dengan sebaik mungkin, Kami akan mencoba membantu dengan memberikan beberapa tips menghadapi Ujian. Berikut simak ya ..

Pastikan Jadwal Ujian

Tips pertama adalah langkah kunci, vital, dan sangat penting. Kalau kamu tidak memastikan jadwal ujian dan langsung pergi ke kampus seperti biasa, bisa-bisa kamu malah terkejut. Tidak lucu bukan kalau kamu sudah belajar sampai berbusa semalaman, tapi ternyata Ujian nya masih setengah tahun lagi?
Ingat, dengan mengetahui dan memastikan jadwal ujian, kamu akan mengurangi kemungkinan untuk terlambat dan salah mempelajari mata kuliah.

Siapkan Mental

Mental merupakan salah satu unsur penting yang juga akan menjadi penentu nilai kamu di semester pertama kamu kuliah. Mengapa penting? Karena jika mental kamu tidak siap maka kamu akan kaget dengan sistem ujian di kampus yang biasanya akan menuntut kamu untuk menganalisis soal kemudian menjabarkan hasil analisis dalam bentuk jawaban dikertas.
Bahkan terkadang ada juga pengawas ujian yang akan membuat mental kalian turun pula dikarenakan dia sangat ketat pada saat mengawasi ujian sehingga gerak-gerik kamu pun akan lebih terbatas. Jadi siapkan mental kamu jauh-jauh hari ya karena pengawas ujian akan lebih menyeramkan dibanding ibu kost

Memiliki Satu Buku Wajib dan Materi Power Point Dosen

Ujian memang menjadi salah satu tolok ukur paling besar yang menentukan apakah akhirnya kamu mendapat nilai baik atau tidak di penghujung semester. Biasanya dosen akan memberikan soal ujian tak jauh-jauh dari apa yang disampaikan di kelas. Mungkin beliau menggunakan presentasi power point atau satu buku yang menjadi acuan. Pastikan kamu punya semua bahan yang digunakan.
Jika tidak ingin tergesa-gesa mengumpulkan bahan sehari sebelum ujian, alangkah baiknya kamu mulai mencarinya sejak sekarang. Mungkin dosen memberikan bahan pada ketua kelas, maka kamu bisa minta materi padanya atau mencari sendiri perpustakaan. Dengan amunisi ujian yang sudah lengkap jauh-jauh hari, kamu bisa mengerjakan soal ujian dengan lancar. Dengan ini, impian mendapat nilai baik bukan lagi mimpi di siang bolong!

Membuat Kelompok Belajar

Ketika kamu menjadi mahasiswa, teman memang adalah orang yang juga akan menentukan nasib kamu pada saat menjalani perkuliahan. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki banyak teman, maka kamu pun akan cukup mudah dalam menjalani proses perkuliahan pula seperti pada saat menjalani ujian.
Nah, bagi kamu yang baru saja menyandang status sebagai mahasiswa, kamu tak perlu sungkan untuk mengajak teman-teman barumu membuat sebuah kelompok belajar untuk persiapan menghadapi Ujian. Dengan belajar bersama, maka kamu pun akan bisa saling berbagi pengetahuan dan tentunya kamu juga akan lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan.

Minta Restu dari Orang Tua

Tips yang satu ini tidak bisa kamu abaikan begitu saja, meski kelihatannya tidak berhubungan langsung dengan Ujian yang akan kamu hadapi. Mulailah untuk menjaga hubungan baik dengan keluargamu, khususnya kedua orang tua. Kamu bisa memulainya dengan menelepon mereka dan meminta doa restu. Bagaimanapun juga, doa orang tua adalah doa restu terbaik bagi kita untuk mengerjakan Ujian.

Jangan Lupa Berdoa

Tips yang terakhir ini merupakan tips paling penting dari semua tips di atas. Mengapa demikian? Karena dengan berdoa, kamu akan akan mendapatkan ketenangan lahir maupun batin untuk menghadapi Ujian agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sekali – kali lupa untuk berdoa ya teman – teman!
Nilai yang baik bukan hanya hak orang-orang cerdas yang sering menang kejuaraan. Karena untuk mendapatkannya, ada beberapa tips dan trik cemerlang yang dapat diaplikasikan oleh siapa saja. Nah, agar nilai Ujian kamu bagus dan tak lagi hanya sekedar angan-angan, terapkanlah tips menghadapi Ujian kuliah yang sudah admin berikan di atas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *